Inilah 3 Penyebab Utama Pilek Menahun

0
115

Penyebab Pilek Menahun

Klikherbal21.com – Jika anda mengalami penyakit pilek yang terus menerus tak kunjung sembuh selama berbulan-bulan bahkan sudah menahun maka sebaiknya anda waspada, karena penyakit pilek tersebut dapat dikatakan sebagai penyakit pilek menahun.

Pilek biasa pada umumnya akan sembuh kurang lebih 2 minggu, baik itu dengan pengobatan atau tanpa pengobatan.

Pilek yang tak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu bisa menjadi pertanda bahwa ada penyakit lain yang bersarang di tubuh anda.

Inilah 3 Penyakit Penyebab Pilek Menahun

  1. Karena Menderita Alergi ( Rhinitis Alergi )

Penyebab pertama mengapa pilek anda tak kunjung sembuh ( pilek menahun ) adalah karena menderita alergi terhadap zat alergen ( zat yang memicu alergi ).

Beberapa zat yang memicu alergi biasanya berupa debu , asap kendaraan, bulu hewan, serbuk kayu, serbuk bunga, serbuk tepung, dan zat lainya.

ketika seseorang menghirup zat alergen, maka sistem kekebalan tubuh akan langsung bereaksi terhadap zat alergen tersebut dengan cara melepaskan histamin dan kimia lain yang menyebabkan hidung menjadi berair dan seperti gejala pilek.

Gejala lain yang muncul akibat rhinitis alergi ini biasanya berupa : bersin-bersin, mata terasa gatal, batuk, hidung meler, dan kepala terasa pusing.

Penyakit pilek yang disebabkan karena alergi biasanya akan langsung terasa ketika penderita bersentuhan/ menghirup zat yang menyebabkan alergi.

Penyakit ini biasanya sering dialami oleh mereka yang memiliki riwayat penyakit Asma.

2. Karena Adanya Benjolan Di Hidung ( Polip Hidung )

Polip hidung merupakan suatu kondisi dimana selaput hidung dan sinus mengalami peradangan/ pembengkakan.

Salah satu tanda dan gejala yang paling menonjol dari penyakit ini adalah adanya tonjolan atau benjolan kecil yang menggantung di dalam hidung.

Jika ukuran benjolan tersebut masih kecil, biasanya tidak akan menimbulkan gejala apa-apa.

Namun jika ukuran polip tersebut sudah membesar, biasanya penderita akan mengalami gejala seperti : hidung tersumbat, kepala pusing, keluar lendir, tidur ngorok.

Selain gejala diatas, penyakit polip hidung yang berukuran besar juga menimbulkan gejala lainya seperti wajah dan gigi terasa nyeri, keluar mimisan, dan indera perasa dan penciuman terganggu.

3. Karena Penyakit Sinusitis

Penyebab terakhir dari penyakit pilek menahun adalah disebabkan karena penyakit sinusitis.

Sinusitis merupakan suatu kondisi dimana telah terjadi peradangan atau pembengkakan di jaringan dinding yang melapisi rongga sinus.

Rongga sinus adalah suatu ruang yang berisi udara yang terletak di hidung, pipi, rongga hidung serta diatas mata.

Penyakit sinusitis ini terjadi ketika rongga sinus yang berisi udara ini mengalami penyumbatan dan berisi cairan.

Karena adanya cairan tersebut, kuman bisa dengan mudah untuk tumbuh dan menyebabkan peradangan dan infeksi atau disebut dengan penyakit sinusitis.

Pilek menahun karena penyakit sinusitis biasanya akan menimbulkan gejala seperti nyeri pada bagian depan wajah yakni sekitaran mata dan hidung, Rasa nyeri yang muncul tersebut semakin berat ketika anda membungkuk.

Selain itu, nafas akan berbau tidak sedap seperti menghirup bau busuk, dan biasanya keluar lendir berwarna kekuningan.

Itulah beberapa penyakit yang menyebabkan pilek menahun. Seseorang yang mengalami pilek menahun biasanya akan merasakan gejala pilek pada saat-saat tertentu dan gejala yang muncul pun biasanya hilang timbul.

Jika anda merasa gejala pilek menahun yang anda derita semakin bertambah parah, misalnya muncul seperti sulit bernapas, nyeri dada, leher kaku dan sulit menelan, sebaiknya anda segera pergi ke dokter THT untuk melakukan pemeriksaan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here