penyebab bab berdarah

Klikherbal21.com – Beberapa orang pasti pernah mengalami Buang Air Besar Berdarah dan mungkin anda salah satunya.

Saat mengetahui bahwa feses yang keluar disertai dengan darah , pasti orang tersebut akan merasa panik dan khawatir dan pikiranpun menjadi tidak karuan.

BAB berdarah memang tidak boleh dianggap sepele, karena kondisi tersebut bisa menjadi pertanda bahwa ada masalah kesehatan di tubuh penderitanya.

Kebanyakan penderita BAB berdarah pasti merasa bingung dan tidak tahu apa yang menyebabkan buang air besar disertai darah.

Oleh karena itu, disini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa penyebab buang air besar berdarah yang paling umum terjadi.

Inilah Beberapa Penyebab Buang Air Besar Berdarah

  1. Karena Penyakit Wasir Atau Ambeien

Salah satu penyebab Buang Air Besar Berdarah adalah karena penyakit WASIR atau AMBEIEN. Wasir atau Ambeien adalah suatu kondisi dimana pembuluh darah di sekitar anus mengalami pembengkakan dan jika anda mengejan terlalu keras maka pembuluh darah tersebut akan pecah dan mengeluarkan darah. Biasanya darah yang keluar berwarna merah cerah dan tidak disertai rasa nyeri.

2. Karena Luka Pada Lambung Atau Tukak Lambung

Kondisi ini biasanya disebabkan karena produksi asam lambung yang berlebih dan jika dibiarkan dalam waktu lama dapat menyebabkan perdarahan di lambung dan merusak lapisan dinding lambung sehingga timbul luka dan menyebabkan Buang air besar berdarah.

3. Karena Fistula Ani

Anal Fistula atau Fistula Ani merupakan suatu kondisi dimana telah terbentuk saluran kecil diantara ujung usus besar dan sekitar lubang anus. Kondisi tersebut sangat membuat penderitanya merasa tidak nyaman, Selain menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa saat Duduk dan BAB, penyakit fistula ani juga menyebabkan BAB disertai darah.

4. Karena Polip Usus

Polip Usus merupakan benjolan yang muncul pada dinding usus besar , Benjolan ini bisa bersifat jinak namun bisa juga menjadi gejala awal kanker usus. Adanya benjolan tersebut bisa menyebabkan buang air besar berdarah, Namun darah yang keluar bisa juga tidak terlihat secara kasat mata.

5. Karena Peradangan Pada Usus

Usus yang mengalami infeksi peradangan juga bisa memicu buang air besar berdarah. Beberapa gejala lain yang dirasakan diantaranya adalah diare, sakit perut, tubuh terasa lelah dan berat badan menurun.

6. Karena Robekan Pada Kulit Anus

Kondisi ini juga bisa menyebabkan buang air besar berdarah, Darah yang keluar biasanya berwarna merah segar dan biasanya penderita akan merasakan sakit ketika buang air besar. Selain itu, meskipun perut dalam keadaan kosong biasanya penderita akan merasakan gejala ingin BAB terus menerus.

7. Karena Penyakit Divertikular

Divertikula merupakan kantong kecil yang terbentuk pada dinding usus besar, Biasanya kantung kecil ini tidak menimbulkan masalah, namun jika mengalami peradangan dan infeksi bisa menyebabkan BAB berdarah.

Itulah beberapa penyebab buang air besar berdarah yang umum terjadi, mungkin masih ada beberapa penyebab lainya yang belum kami sebutkan diatas.

Jika saat ini anda mengalami BAB berdarah, sebaiknya periksakan diri anda ke dokter terdekat untuk mengetahui penyebab pastinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here